Beragam Jenis Ayam yang Berpotensi untuk Diternak

Bagi seseorang yang baru saja terjun dalam dunia peternakan unggas pastinya masih sangat minim sekali mengenai informasi ternak unggas yang ada. Namun, disarankan untuk Anda membudidayakan jenis hewan unggas berupa ayam bila ingin berternak. Dalam tipenya, jenis ayam ini sangat bervariatif dan memiliki fungsi yang berbeda sebagai hewan ternak seperti untuk bertelur, untuk diambil dagingnya atau keduanya. Hal ini tergantung pada kebutuhan Anda. adapun jenis-jenis ternak ayam yang ada adalah sebagai berikut.

1. Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan ayam yang paling banyak dipelihara orang karena memiliki beberapa keunggulan. Adapun keunggulan yang ada pada tipe ayam ini adalah bisa bertelur dan bisa pula diambil dagingnya untuk dijual. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya telur dan daging ayam kampung pada beberapa penjual makanan. Selain itu, sistem kekebalan tubuhnya juga kuat sehingga rentan terhadap penyakit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat memeliharanya.

2. Ayam Broiler

Jenis ayam selanjutnya adalah ayam broiler. Nama ayam tersebut sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Untuk Anda yang ingin memproduksi ayam pedaging, ayam broiler menjadi pilihan terbaik. Selain itu, pertumbuhannya juga bisa dibilang pesat dan memiliki daging yang empuk. Dalam pemeliharaannya, Anda memang harus lebih memperhatikan dengan baik agar kualitas daging tidak jelek dan ayam tersebut selalu sehat.

3. Ayam Arab

Selanjutnya ada ayam Arab yang biasa dikembangkan di Malang. Dengan mendengar kata Arab pada nama yam tersebut, bukan berarti ia berasal dari Arab. Ayam Arab sangat berpotensi untuk diternak dan diambil telurnya. Dalam satu tahun, jumlah telur yang dihasilkan bisa mencapai 225 butir. Untuk itu, sangat disarankan membudidayakan ayam Arab sebagai hewan ternak Anda.

Dari ketiga jenis ayam yang sudah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa berbagai tipe ayam dapat dipilih berdasarkan keinginan Anda dalam beternak hewan unggas. Anda dapat memilih ayam pedaging, petelur ataupun ayam yang bisa melakukan keduanya. Namun, saat memeliharanya perlu dijaga dengan baik agar tidak mudah sakit.

You may also like...