Mengenal Fetal Doppler dan Bagaimana Cara Penggunaanya

Kehamilan merupakan sebuah karunia dan anugrah dari Tuhan yang maha kuasa yang patut untuk disyukuri. Karena kehamilan merupakan suatu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri, dengan adanya kehamilan maka akan semakin menambah kebahagian dalam keluarga dengan harapan akan hadirnya anggota keluarga baru yang akan melengkapi rumah tangga mereka.

ual pocket fetal doppler

Karena begitu gembiranya para calon orang tua sering tidak sabar dan penasaran untuk mengetahui bagaimana kondisi janin yang ada dalam kandungan, termasuk ingin mendengarkan detak jantung sang bayi.Untuk mewujudkan keinginan tersebut, para dokter atau bidan biasanya akan melakukan pemeriksaan menggunakan sebuah alat pendeteksi denyut jantung khusus ibu hamil bernama fetal doppler. Alat kesehatan yang diklaim memiliki hasil pemeriksaan paling akurat dibandingan dengan alat-alat sejenis lainnya seperti stetoskop, fetoskop maupun pinard horn.

Fetal doppler ini merupakan sebuah perangkat genggam portable yang bisa untuk mendeteksi denyut jantung bayi dengan usia kehamilan diatas 10 minggu. Prinsip kerjanya adalah dengan memakai teknologi ultrasound sebagai pendeteksi denyut jantung bayi. Karena portable maka alat kesehatan ini bisa dibawa kemana saja sesuai keperluan. Salah satu jenis alat fetal doppler yang sangat simpel dan sederhana yang bisa ditenteng kemana saja adalah pocket fetal doppler. Dipasaran saat ini sudah banyak yang jual pocket fetal doppler ini. Jika anda seorang bidan, alat yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat guna menunjang pekerjaan anda, untuk mendapatkannya anda bisa membelinya secara online atau dengan datang ke toko alat kesehatan terdekat di daerah anda yang jual fetal doppler.

Untuk cara menggunakan alat fetal doppler ini adalah dengan terlebih dahulu meminta ibu hamil yang akan diperiksa berbaring dengan posisi terlentang dan posisi kaki ditekuk sampai telapak kaki benar-benar lurus diatas tempat tidur pemeriksaan. Posisi seperti ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya ketegangan pada otot perut, karena bila sampai otot perut tegang maka bisa menghalangi aliran gelombang suara.

Selanjutnya pada bagian perut akan diolesi dengan gel khusus untuk menghilangkan udara yang menempel dan mempermudah pemeriksaan. Gel ini biasanya akan terasa dingin. Kemudian transduser digerak-gerakan diatas kulit perut yang sudah diolesi gel tadi sampai menemukan posisi yang paling baik untuk mendengarkan bunyi detak jantung bayi. Posisi transduser ini harus tegak lurus dengan perut.

Kemudian setelah detak jantung terdengar maka akan dilakukan penghitungan untuk mengetahui apakah denyutannya normal atau tidak, untuk kondisi normal denyut jantung umumnya berkisar antara 110 sampai 160 kali dalam satu menit.

Itu tadi adalah sekilas informasi tentang alat fetal doppler dan cara penggunaannya. Sebuah alat kesehatan yang digunakan untuk mendengarkan detak jantung bayi dalam kandungan. Jangan lupa untuk anda para ibu hamil selalu lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin dengan fetal doppler di dokter atau bidan langganan anda supaya kondisi kesehatannya bisa terus terpantau. Terima kasih.

You may also like...